Search This Blog

Thursday, August 10, 2023

Inovasi Mengurangi Sampah Plastik melalui Ecobrick

(31/07/2023)- Sampah plastik merupakan permasalahan yang sering dijumpai di sekitar kita. Walaupun terlihat sebuah masalah yang sepele, sampah plastik bisa menjadi permasalahan yang besar terutama jika di buang ke sungai. Sampah plastik tersebut nantinya akan sampai ke perairan akibat terbawa oleh aliran sungai. Sampah plastik akan berdampak buruk bagi perairan, biota, dan akhirnya berdampak buruk juga bagi manusia.

Melihat permasalahan yang ada, Athanasius Dhento Wilasma, Mahasiswa Program Studi Oseanografi, Universitas Diponegoro menemukan sebuah solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Solusi tersebut adalah pembuatan ecobrick. Pembuatan ecobrick merupakan salah satu solusi baru dalam mengatasi permasalahan sampah plastik.  Ecobrick merupakan botol bekas air mineral yang di dalamnya diisi dengan sampah plastik hingga botol tersebut menjadi padat. Ecobrick  dapat menjadi material dasar dalam pembuatan sebuah barang. Karena pembuatan ecobrick masih awam bagi masyarakat di Desa Ringinputih, maka diadakan pengenalan dan pelatihan pembuatan ecobrick.

Acara pengenalan dan pelatihan pembuatan ecobrick, dilaksanakan pada tanggal 31 Juli 2023 pukul 20.30 WIB di Dukuh Bangkek, Desa Ringinputih. Target sasaran dalam acara ini berasal dari berbagai kalangan masyarakat di Desa Ringinputih. Acara dimulai dengan penjelasan materi mengenai sampah, bahaya sampah plastik bagi perairan, dan ecobrick. Pada akhir acara, diadakan pelatihan pembuatan ecobrick. Dengan adanya acara ini, diharapkan masyarakat lebih peduli terhadap sampah plastik dengan memanfaatkan sampah plastik melalui pembuatan ecobrick.


Penulis : Athanasius Dhento Wilasma – 26050120130071 – Oseanografi

DPL : Nurhadi Bashit, ST.,M.Eng

Lokasi : Desa Ringinputih, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

 

KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2023

#p2kknundip

#KKNUndipTim2

#lppmundip

#undip

   


No comments:

Post a Comment

Sosialisasi Pemanfaatan Kembali Limbah Sampah Plastik Sebagai Kerajinan

                    Pada Senin, 7 Agustus 2023, sebuah program inovatif yang bertajuk "Pemanfaatan Limbah Sampah Rumah Tangga untuk Men...