Search This Blog

Thursday, August 10, 2023

RiBori (Ringinputih Biopori) oleh Mahasiswa TIM II KKN UNDIP


Klaten (10/08/2023) Biopori  merupakan lubang resapan yang bertujuan untuk membuat tanah disekitarnya menjadi subur.  Selain itu,  biopori juga digunakan untuk menjadi lubang resapabn air untuk mengurangi terjadinya banjir, khususnya di daerah pemukiman yang padat penduduk. Kegiatan Program kerja RiBori (Ringinputih Biopori) dengan judul Edukasi dan Pembuatan Biopori di Pekarangan Rumah Warga.  

Banyaknya sampah rumah tangga yang dihasilkan setiap hari terbuang sia-sia dan mencemari lingkungan dengan baunya membuat TIM II KKN Universitas Diponegoro menginisiasikan pembuatan biopori di Desa Ringinputih. Hal ini bertujuan untuk mengurangi jumlah sampah organik yang terbuang sia-sia dan mencemari lingkungan menajdi suatu produk yang bermanfaat untuk manusia lingkungan. 

Pelaksanaan Edukasi dan pembuatan biopori ini dilakukan pada hari Sabtu 5 Agustus 2023 di lingkungan RW 12 Dukuh Jatirogo, Desa Ringinputih yang dimulai dari jam 09.30 WIB. Kegiatan ini diawali dengan pemberian materi seputar lingkungan, limbah sampah beserta dampaknya untuk lingkungan dan pemanfaatan limbah organik untuk lingkungan. 

Dalam sesi penyampaian materi ini, masyarakat Desa Ringinputih turut aktif dalam memberikan pengalaman dan opini mereka terkait kondisi lingkungan sekitarnya. Setelah pemaparan tersebut dijelaskan pula penjelasan terkait biopori , pemanfaatan serta proses dalam pembuatan biopori.  Setelah  itu, dilanjutkan dengan praktik langsung dalam membuat  lubang biopori di halaman rumah. 

Biopori menggunakan paralon yang dibolongkan. Ketika praktik membuat biopori,  masyarakat desa Ringinputih antusias dalam melihat proses pembuatannya, dimana diakhiri dengan memasukkan sampah organic pada lubang biopori yang nantinya sampah organik yang berasal dari sisa sayur, buah, dan tanaman akan memudar dan mengandung zat hara yang baik untuk tanah, sehingga  akan berpengaruh pada kesuburan dan resapan tanah. 

Diakhir kegiatan, masyarakat yang hendak membuat biopori di pekarangan rumahnya diberikan  alat berupa paralon oleh Tim II KKN Universitas Diponegoro untuk dapat langsung membuat  lubang biopori untuk mengurangi jumlah sampah organik yang terbuang sia-sia. Biopori ini juga dibuat di tempat yang terlihat oleh masyarakat luas, sehingga masyarakat Desa Ringinputih dapat  mengetahui mengenai biopori . Dengan harapan dari pelaksanaan program kerja RiBori ini adalah  masyarakat Desa Ringinputih dapat membuat biopori di pekarangan rumahnya masing-masing untuk kelestarian lingkungan. 


 

No comments:

Post a Comment

Sosialisasi Pemanfaatan Kembali Limbah Sampah Plastik Sebagai Kerajinan

                    Pada Senin, 7 Agustus 2023, sebuah program inovatif yang bertajuk "Pemanfaatan Limbah Sampah Rumah Tangga untuk Men...