Search This Blog

Thursday, August 10, 2023

Awas Pengguna Media Sosial Berisiko Besar: Cegah Hoax di Era Gempuran Informasi



        Klaten (10/08/2023) Pemberdayaan masyarakat di Desa Ringinputih melalui program kerja dengan judul “Cerdas Bermedia Sosial di Era Gempuran Informasi”  yang dilakukan oleh salah satu mahasiswa KKN Universitas Diponegoro dari jurusan   Ilmu Komunikasi   yaitu RT Annisa Febriyanti.    Melihat perkembangan internet  yang semakin mendunia dan menyeluruh membuat dampak yang signifikan  terhadap kondisi sosial masyarakat. Di Era digital saat ini  Media sosial digunakan oleh semua   kalangan umur. Media sosial sangat dibutuhkan oleh  semua orang dari mulai anak-anak sampai lansia. Semua informasi tersedia dan tersebar melalui media. Informasi yang kita butuhkan pun tersedia melalui media. Media, khsusunya media sosial memiliki dampak  positif untuk masyarakat apabila dipergunakan secara bijak. 


        Disamping dampak positif yang ada, media sosial juga memberikan dampak buruk untuk penggunanya, seperti tersebarnya informasi hoax dan juga penipuan yang banyak terjadi hampir di seluruh penjuru dunia.   Banyaknya dampak yang meresahkan kehidupan masyarakat  melalui berita hoax tersebut hingga merugikan masyarakat  dalam segi materil maupun non materil.   

        Melalui pemberdayaan masyarakat melalui edukasi kepada masyarakat diharapkan masyarakat Desa Ringinputih akan mengambil dampak positif dan mengurangi serta mencegah adanya dampak negatif dari penggunaan media sosial.  Kegiatan edukasi ini dilakukan pada hari Sabtu 29 Juli 2023 pukul 19.30 di lingkungan RW1 Dukuh Mluron Desa Ringinputih dan pada hari  Senin, 31 Juli 2023 di lingkungan Dukuh Bangkek Desa Ringinputih. Kegiatan Pemberdayaan masyarakat ini dilakukan dengan menyasar kepada  masyarakat Desa Ringinputih secara umum.   Melihat masyarakat yang aktif menggunakan media sosial membuat adanya kecemasan akan terjadinya dampak-dampak yang tidak diinginkan. Pelaksanaan program kerja ini diikuti oleh kalangan ibu-ibu, bapak-bapak, dan para pemuda. Kegiatan ini menjelaskan  seputar media sosial serta dampak positif  seperti untuk sarana marketing, komunikasi, dan branding. Disamping itu, terdapat juga dampak negatif dari penggunaan media sosial yaitu tersebarnya informasi hoax yang merugikan masyarakat secara luas serta dapat membuat konflik di masyarakat. Penipuan juga sering ditemuka melalui kanal-kanal media sosial.

        Masyarakat Desa Ringinputih aktif dalam program tersebut, dimana ada seorang warga yang pernah menjadi korban dari penipuan telepon online, yang menyatakan bahwa sanak saudaranya kecelakaan yang menimbulkan kecemasan dan keresahan. Selain itu, masyarakat juga turut aktif jikalau mereka sering menggunakan media sosial untuk berkomunikasi dan membagikkan informasi di grup whatssapp. Masyarakat masih kurang mencari tahu kebenran informasi yang dibagikan dan dilihat melalui media sosialnya tersebut.  Dengan demikian, kebanyakan dari masyarakat yang turut hadir dalam kegiatan ini menggunakan media sosial.

        Program kerja dengan judul “ Cerdas Bermedia Sosial di Era Gempuran Informasi” memiliki  tujuan agar masyarkat dapat memfilter informasi-informasi yang tersedia melalui media. Dimana informasi yang tersebar melalui media sangatlah banyak dan bervariasi hingga sulit membedakan antara informasi yang benar dan hoax. 

        Edukasi kepada masyarakat ini juga dilakukan dengan memberikan ciri-ciri informasi hoax  dan contoh informasi hoax, sehingga masyarakat menjadi lebih tau dalam membedakan informasi yang berisikan fakta dan hoax belaka.  Kegiatan Edukasi ini juga bersifat interaktif dimana adanya komunikasi dua arah antara audience dengan pemateri. RT Annisa Febriyanti selaku pemberi materi pada kegiatan ini seringkali bertanya kepada masyarakat sehingga terjalin interaktif dan aktif.

        Edukasi langsung kepada masyarakat dilakukan oleh mahasiswi Ilmu Komunikasi tersebut tidak hanya berupa kegiatan pemberdayaan di masyarakat namun juga dilakukan penempelan poster di tempat yang terlihat oleh masyarakat di Lingkungan Desa Ringinputih sebagai  suatu infografis yang memberikan infrormasi kepada masyarakat mengenai cerdas dalam penggunaan media sosial sehingga mendapatkan dampak positif dan mencegah dampak negatif dari media sosial.

Penulis : RT Annisa Febriyanti- 14040120120006-Ilmu Komunikasi

DP L : Nurhadi Bashit, ST.,M.Eng

Lokasi : Desa Ringinputih, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2023

#p2kknundip

#KKNUndipTim2

#lppmundip

#undip

 

No comments:

Post a Comment

Sosialisasi Pemanfaatan Kembali Limbah Sampah Plastik Sebagai Kerajinan

                    Pada Senin, 7 Agustus 2023, sebuah program inovatif yang bertajuk "Pemanfaatan Limbah Sampah Rumah Tangga untuk Men...