Search This Blog

Thursday, August 10, 2023

Karang Taruna Desa Ringin Putih Aktif Berlatih Kompetensi Public Speaking : Mendengarkan dan Praktikkan Materi sambil Santai dan Ngopi

Klaten (22/07/2023) Public Speaking merupakan bentuk komunikasi dimana seorang pembicara berbicara didepan khalayak banyak. Skill dalam  Public Speaking dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat dan  dalam segala aspek kehidupan. Karangtaruna Desa Ringinputih khususnya di Dukuh Jatirogo aktif dalam kegiatan-kegiatan bermasyarakat. Hal ini membuat  mahasiswi Ilmu Komunikasi RT Annisa Febriyanti  menginisiasikan pelatihan public speaking yang diperuntukkan untuk pemuda pemudi karangtaruna. Menimbang, public speaking sangat penting untuk generasi penerus bangsa.   Pelatihan public speaking bertujuan untuk melatih percaya diri pemuda sehingga dapat tampil didepan publik. Pelatihan public speaking ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 22 Juli 2023 pukul 19:30 WIB di Rumah Sekertaris Desa Ringinputih.


Pemaparan materi dasar public speaking  untuk memberikan pemahaman kepada  karang taruna mengenai public speaking, meliputi tujuan dan manfaat. Salah satu seseorang tidak percaya diri untuk melakukan public speaking karena nervous . Nervous merupakan penyakit utama ketika hendak berbicara di depan khalayak banyak.  Oleh karena itu, disampaikan juga mengenai gejala-gejala yang menyebabkan kecemasan dan tanda-tanda seseorang  sedang mengalami kecemasan.   Hal ini bertujuan agar mereka memahami dirinya sendiri.  Selain itu, kurangnya rasa percaya diri merupakan faktor alasan seseorang sering gugup ketika berbicara di hadapan orang banyak. Pada pelatihan public speaking tersebut diberikan suatu cara untuk meraih percaya diri. Karena rasa percaya diri merupakan suatu kunci keberhasilan dalam melakukan public speaking.

Pemaparan materi yang disampaikan oleh RT Annisa Febriyanti juga berisikan mengenai sususan-susunan melakukan  public speaking untuk memudahkan peserta pelatihan ketika hendak memulai pembicaraan.  Pelatihan public speaking dilaksanakan secara santai dengan diselingi oleh gelak tawa yang dipacu dari pemateri dan juga peserta public speaking, sehingga suasana dalam pelatihan santai dan diperbolehkan untuk makan serta minum.Karang Taruna juga interaktif dalam mengikuti pelatihan public speaking karena seringkali pemateri memberikan pertanyaan secara tiba-tiba kepada audience Diakhir materi juga diberikan Tips dan Trick dalam melakukan Public Speaking keapda karang taruna agar mereka dapat mengaplikasikan penjelasan materi  dalam kehidupan kedepannya untuk meningkatkan skill public speaking mereka.

Kegiatan Pelatihan public speaking membuka sesi tanya jawab kepada peserta  yang masih ingin bingung dan ingin lebih tau mengenai public speaking. Tidak hanya itu, ada juga peserta yang bertanya mengenai  cara untuk dapat mengurangii percaya diri.  Karang taruna aktif bertanya dan menjawab setiap pertanyaan yang diberikan. Antusias pemuda Desa Ringinputih terhadap pelatihan public speaking patut diacungi jempol karena dua orang pemuda yaitu Angger dan Anggun berani maju kedepan  untuk mempraktikkan menjadi master of ceremony dalam suatu kegiatan. Praktik tersebut juga diberikan arahan dari RT Annisa Febriyanti selaku pemateri pada kelas public speaking tersebut.

Pembagian  materi public speaking juga diberikan kepada karang taruna sebagai modul dalam melatih dan melakukan skill dalam public speaking. Kelas public speaking ini juga menghasilkan Master OF ceremony yang nantinya akan memandu acara pada malam pentas 17 Agustus di Dukuh Jatirogo. Selan itu juga, terdapat tiga orang pemudi dari karang taruna yang mau berlatih public speaking diluar pelatihan ini untuk dapat tampil di malam pentas memperingati HUT RI pada 18 Agustus mendatang.

Penulis : RT Annisa Febriyanti- 14040120120006-Ilmu Komunikasi

DPL: Nurhadi Bashit, ST.,M.Eng

Lokasi : Desa Ringinputih, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2023

#p2kknundip

#KKNUndipTim2

#lppmundip

#undip

No comments:

Post a Comment

Sosialisasi Pemanfaatan Kembali Limbah Sampah Plastik Sebagai Kerajinan

                    Pada Senin, 7 Agustus 2023, sebuah program inovatif yang bertajuk "Pemanfaatan Limbah Sampah Rumah Tangga untuk Men...