Search This Blog

Thursday, August 10, 2023

Edukasi Mengenai Website Berbasis Laravel Kepada Perangkat Desa Ringinputih

Ringinputih, Karangdowo (02/08/2023) – Sebuah alat akan memberikan manfaat maksimal jika orang yang menggunakan alat tersebut mengerti cara menggunakannya secara efektif. Seperti laptop jika hanya dioperasikan oleh orang awam makan hanya bisa membuka kalkulator dan mengetik saja. Padahal laptop bisa untuk membuat video, menggambar, berselancar di internet dan masih banyak lagi. Hal ini adalah yang terjadi pada Desa Ringinputih.


Perangkat desa yang ingin memodifikasi dan menambah fitur didalam aplikasi website desa belum mengerti secara utuh bagaimana hal itu berjalan. Jadi jika memang diperlukannya perubahan maka tidak dapat terlaksana karena ketidaktahuan tersebut. Hal ini sangat disayangkan karena Website yang sudah dibuat oleh Tim I KKN UNDIP pada yang ada pada Januari 2023 sudah membuatnya dengan baik.

Oleh karena itu, Dimas Kenang Surya Ardani, seorang mahasiswa Fakultas Teknik jurusan Teknik Komputer dari UNDIP, membantu perangkat desa untuk memberikan edukasi mengenai website desa tersebut. Solusi yang diberikan adalah pembuatan dokumentasi daripada aplikasi website desa yang sudah dibuat.

Dokumentasi dari aplikasi adalah dokumen yang mencakup cara kerja kode dan file yang ada dalam aplikasi tersebut. Pengerjaan dokumentasi ini dimulai 3 minggu setelah Dimas diterjunkan ke lokasi KKN. Selain itu juga dibuatkan sebuah poster yang menfokuskan titik-titik penting dari aplikasi yang menggunakan framework Laravel.

Penyerahan dokumentasi tersebut dilakukan pada Rabu, 2 Agustus 2023 puku 11:00 bertempat di balai Desa Ringinputih.  Dokumentasi diserahkan dalam bentuk digital yang ada dalam penyimpanan cloud google drive. Sedangkan poster diserahkan dalam bentuk digital dan juga bentuk fisik. Pak Awang selaku perangkat desa yang memegang website desa menerima penyerahan tersebut.

Diharapkan dengan adanya dokumentasi ini perangkat desa dapat mengerti lebih dalam lagi mengenai aplikasi website desa mereka. Sungguh sangat disayangkan jika website desa terbangkalai dan dibiarkan bergitu saja setelah dibuatkan dengan bagus. Manfaat dari website yang baik selain menjadi saran komunikasi, yaitu untuk mernarik perhatian masyarakat luar juga yang awam akan topik yang ada didalamnya. Jadi semakin banyak pengunjung luar yang membuka matanya pada Desa Ringinputih

 

No comments:

Post a Comment

Sosialisasi Pemanfaatan Kembali Limbah Sampah Plastik Sebagai Kerajinan

                    Pada Senin, 7 Agustus 2023, sebuah program inovatif yang bertajuk "Pemanfaatan Limbah Sampah Rumah Tangga untuk Men...