Search This Blog

Thursday, August 10, 2023

Aplikasi Website Listing UMKM Sebagai Langkah Pertama Evolusi Industri di Desa Ringinputih



Ringinputih. Karangdowo (02/08/2023) – Pada zaman modern seperti saat ini semua hal-hal kita termui dalam kehidupan sehari-hari mulai didigitalisasikan. Mulai dari buku, iklan dll bahkan pemasaran. Sungguh sangatlah sayang jika teknologi ini tidak dimanfaatkan agar dapat membantu kehidupan kita.


Dalam Desa Ringinputih terdapat berbagai macam UMKM yang belum di data dan juga belum mengenal mengenai pemasaran digital. Dengan tidak adanya daftar UMKM yang ada pada desa akan susah jika UMKM ingin berkembang untuk menjangkau pasar lebih luas. Serta dengan tidak adanya pemasaran maka UMKM tidak akan menarik calon pelanggan baru di dalam desa maupun di luar desa.

Maka dari itu, Dimas Kenang Surya Ardani, seorang mahasiswa Fakultas Teknik jurusan Teknik Komputer dari UNDIP, mencoba untuk memperbaiki masalah tersebut. Solusi dari masalah tersebut adalah pembuatan sebuah aplikasi website. Website ini berfungsi mendata semua UMKM yang ada di desa serta memasarkannya juga. Aplikasi diserahkan pada hari Rabu, 2 Agustus 2023 pukul 11:15, bertempat di balai desa Ringinputih.

Sebelum aplikasi diserahkan, dilakukan terlebih dahulu demonstrasi dari aplikasi. Hal ini dilakukan untuk mengajarkan perangkat desa agar dapat menjalankan aplikasi. Selain itu juga sudah disusun dokumen-dokumen yang mencakup mengenai detail aplikasi serta rancangan rencana untuk ekspansi aplikasi tersebut kedepannya.

Diharapkan aplikasi ini akan menjadi batu pijakan pertama yang akan membawa UMKM di Desa Ringinputih menjadi lebih maju melalui pemanfaatan teknologi modern, peningkatan akses pasar global melalui platform digital. Serta diharapkan juga untuk mendorong roda perekonomian desa.

No comments:

Post a Comment

Sosialisasi Pemanfaatan Kembali Limbah Sampah Plastik Sebagai Kerajinan

                    Pada Senin, 7 Agustus 2023, sebuah program inovatif yang bertajuk "Pemanfaatan Limbah Sampah Rumah Tangga untuk Men...