Search This Blog

Thursday, August 10, 2023

Warga Antusias! Mahasiswi KKN Undip Demonstrasikan Pembuatan “Sugung” (Susu Jagung) sebagai Produk Olahan Pangan Fungsional kepada Masyarakat

 


Klaten (29/07/2023) – Salah satu mahasiswi Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro mengadakan pelatihan pembuatan susu jagung sebagai produk olahan pangan fungsional yang menyehatkan dengan cara mendemonstrasikan secara langsung proses pembuatan susu jagung dan membagikan produk pangan fungsional, yaitu susu jagung kepada masyarakat Desa Ringinputih. Pelatihan pembuatan susu jagung ini dilakukan di salah satu rumah warga di RW 13 Desa Ringinputih, yaitu Rumah Bp H Mangun Raharjo dengan sasaran masyarakat Desa Ringinputih khususnya ibu-ibu. Program kerja ini dilakukan untuk memenuhi tugas monodisipliner yang dibawakan oleh Salsanaja Adnabillah Asytata (20), mahasiswi Teknologi Pangan, Fakultas Peternakan dan Pertanian, Universitas Diponegoro, angkatan 2020, pada hari Sabtu, 29 Juli 2023 di Rumah Bp H Mangun Raharjo. Acara pelatihan pembuatan susu jagung ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memperkenalkan pangan fungsional kepada masyarakat, dalam hal ini ibu-ibu rumah tangga. Banyak masyarakat Desa Ringinputih yang masih belum mengetahui definisi pangan fungsional, apa saja contoh produknya, dan seberapa besar manfaatnya padahal pangan fungsional mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari terutama komoditas jagung yang banyak dibudidayakan di Desa Ringinputih.




Pangan fungsional merupakan pangan yang komponen bioaktifnya dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, di luar manfaat yang diberikan oleh zat gizi yang terkandung di dalamnya. Pangan Fungsional memiliki 12 komponen senyawa salah satunya adalah jagung sebagai dietary fiber atau serat pangan yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Kesehatan tubuh dan kebutuhan gizi manusia harus ditunjang juga dengan mengonsumsi pangan fungsional yang kaya akan gizi, tidak hanya ditunjang oleh obat-obatan, seperti vitamin. Salah satu produk olahan pangan fungsional yang dapat dibuat dan bermanfaat bagi kesehatan adalah susu jagung. Susu jagung mengandung serat pangan dengan indeks glikemik (IG) rendah dibandingkan padi sehingga dapat bermanfaat dan dianjurkan bagi  penderita diabestes. Selain itu, susu jagung dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, tidak mengandung laktosa sehingga dapat digunakan sebagai produk alternatif bagi penderita lactose intolerant, mengandung serat yang dapat mengontrol penyerapan glukosa dalam tubuh dan menjaga kesehatan pencernaan, dan mengandung vitamin B12, asam folat, dan zat besi yang dapat mencegah anemia.


Acara pelatihan pembuatan susu jagung sebagai salah satu produk olahan pangan fungsional dan sebagai diversifikasi produk pangan diawali dengan penyampaian sedikit pencerdasan dan pemahaman berupa materi mengenai pangan fungsional, syarat makanan menjadi pangan fungsional, manfaat pangan fungsional bagi tubuh, contoh pangan fungsional yang mudah ditemukan di kehidupan sehari-hari misalnya komoditas jagung, manfaat susu jagung, pembagian poster berisi tentang pangan fungsional, dan resep susu jagung. Selanjutnya dilakukan demonstrasi proses pembuatan susu jagung yang dalam proses pembuatannya terdapat 1 orang sukarelawan yaitu seorang warga untuk membantu dalam melakukan pembuatan susu jagung. Setelah selesai melakukan demonstrasi, selanjutnya dilakukan pembagian susu jagung kepada seluruh tamu undangan diselingi dengan sesi diskusi dan tanya jawab seputar pangan fungsional. Masyarakat Desa Ringinputih khususnya ibu-ibu rumah tangga masih belum mengetahui dan mengenal pangan fungsional sehingga mereka antusias bertanya dalam sesi diskusi. Penyebaran poster mengenai pangan fungsional dan susu jagung yang telah diserahkan kepada tamu undangan diharapkan dapat dijadikan sebagai media penyebaran informasi oleh masyarakat Desa Ringinputih.

Penulis : Salsanaja Adnabillah Asytata – 23020120140139 – Teknologi Pangan

DPL    : Nurhadi Bashit, ST.,M.Eng

Lokasi : Desa Ringinputih, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

 

KKN TIM II UNIVERSITAS DIPONEGORO TAHUN 2023

#p2kknundip

#KKNUndipTim2

#lppmundip

#undip


No comments:

Post a Comment

Sosialisasi Pemanfaatan Kembali Limbah Sampah Plastik Sebagai Kerajinan

                    Pada Senin, 7 Agustus 2023, sebuah program inovatif yang bertajuk "Pemanfaatan Limbah Sampah Rumah Tangga untuk Men...