Search This Blog

Thursday, August 10, 2023

Calon Jutawan, Anggota Karang Taruna Desa ini Mengikuti Kelas Pelatihan Penanaman Bonsai oleh Mahasiswa KKN TIM II UNDIP

 


Klaten – (22/7)  Bisnis budidaya tanaman bonsai merupakan salah satu jenis usaha yang memiliki prospektif yang tinggi. Dalam setiap pameran bonsai, tanaman ini dapat terjual hingga ratusan juta rupiah. Hal ini tidak lain adalah karena untuk menghasilkan satu tanaman Bonsai bagus membutuhkan waktu yang lama dan usaha yang keras. Bahkan usaha bonsai pemula juga tetap bisa bersaing di pasaran karena tanaman ini memang banyak dicari orang.


Namun demikian, perlu usaha yang tidak mudah dalam membudidayakan bonsai dan membuatnya sebagai tanaman hias yang berlaku ratusan juta rupiah. Budidaya tanaman bonsai ini perlu kesabaran dan pengetahuan merawat bagaimana cara menyuburkan bonsai agar bisa bisnis berjalan lancar.

Desa Ringinputih sendiri memiliki salah satu potensi desa yaitu budidaya tanaman bonsai. Namun, potensi desa ini masih belum terlalu dilirik oleh masyarakat lokal Desa Ringinputih. Mengingat pentingnya untuk melestarikan potensi desa ini agar bisa dimanfaatkan juga sebagai salah satu peluang usaha yang memiliki prospek tinggi, maka salah satu mahasiswa KKN TIM 2 UNDIP di desa Ringinputih, Annisa Aulia Rahmadilla Setiawan mengadakan kelas pelatihan penanaman bonsai. Tujuan diadakannya kelas pelatihan ini adalah sebagai bentuk upaya pelestarian potensi desa yakni bonsai, pada generasi muda.

Program kerja ini menargetkan karang taruna sebagai target sasaran dan mengundang “Pak Ranu” seorang trainer, programmer dan petani bonsai di Ringinputih untuk memberikan pengarahan. Kelas pelatihan ini dilakukan setiap seminggu sekali dengan waktu kelas yang fleksibel setiap pertemuaannya. Di hari pertama kelas pelatihan penanaman bonsai pada hari Sabtu, 22 Juli 2023 , diberikan edukasi mengenai tanaman bonsai terlebih dahulu oleh penanggung jawab proker ini dilanjut dengan praktek menanam bonsai yang dipandu oleh Pak Ranu.

No comments:

Post a Comment

Sosialisasi Pemanfaatan Kembali Limbah Sampah Plastik Sebagai Kerajinan

                    Pada Senin, 7 Agustus 2023, sebuah program inovatif yang bertajuk "Pemanfaatan Limbah Sampah Rumah Tangga untuk Men...