Search This Blog

Thursday, August 10, 2023

Yuk Upgrade Skillmu! Mahasiswi KKN Undip Gelar Pelatihan Microsoft Office pada Karang Taruna Jatirogo sebagai Bentuk Pelatihan Softskill

            Klaten (22/7/2023)- Desa Ringinputih yaitu salah satu desa yang terletak di Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten. Di desa ini, terdapat salah satu mahasiswi yang sedang menjalankan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) yaitu pelatihan menggunakan aplikasi dari Microsoft Office yang terdiri dari Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft Power Point kepada para anggota Karang Taruna Jatirogo yang berada di Desa Ringinputih. Pelatihan Microsoft office ini sebagai salah satu cara dalam meningkatkan skill dalam menggunakan aplikasi untuk memudahkan pekerjaan, salah satunya melalui Microsoft office di era perkembangan teknologi ini. Bentuk pelatihan Microsoft office yang dibawakan oleh Shafa Amalia (21) dari Program Studi Teknik Industri berupa pemaparan materi yang berasal dari modul yang telah dibuat oleh mahasiswi bersangkutan kemudian selama pemaparan materi dari modul, Shafa melakukan demontsrasi menggunakan Microsoft office yang berupa contoh-contoh penggunaan rumus pada Microsoft excel seperti rumus menggunakan pivot table, rumus min-max, sumif, countif, dan lainnya; lalu pada Microsoft word seperti bagaimana cara memasukkan gambar, membuat deskripsi pada suatu gambar, cara memindahkan gambar menggunakan wrap text, dan lainnya; dan yang terakhir pada Microsoft power point yaitu mengenai bagaimana cara memilih template presentasi yang menarik, bagaimana cara membuat animasi untuk antar slide satu dengan slide lainnya, cara membuat animasi pada tulisan yang terdapat pada Microsoft power point agar tulisan tersebut menarik bagi para audiens yang nantinya akan membaca. Pelatihan Microsoft office ini juga membutuhkan beberapa volunteer yang langsung mencoba dalam menggunakan Microsoft office ini dan terdapat sesi pemberian feedbacks dari beberapa anggota Karang Taruna Jatirogo.  Pelaksanaan Microsoft office ini diadakan pada tanggal 22 Juli 2023 di kediaman Bapak H. Mangun Raharjo dengan sasaran anggota Karang Taruna Jatirogo. Program ini juga dilaksanakan bersamaan dengan kedua program monodisiplin lainnya yang berasal dari anggota tim KKN yang sama dan program ini dilaksanakan mulai pukul 18.15 hingga pukul 19.10.



            Menurut Shafa (21), alasan pemilihan program pelatihan pada Microsoft office kepada anggota Karang Taruna Jatirogo dikarenakan bagi Shafa (21), beberapa anggota Karang Taruna Jatirogo masih belum bisa atau bahkan belum pernah mencoba untuk menggunakan aplikasi yang disediakan oleh Microsoft ini dikarenakan adanya keterbatasan akses dalam menggunakan apilikasi ini dan menurut Shafa (21) sangat disayangkan apabila para anggota Karang taruna Jatirogo ini tidak memanfaatkan aplikasi yang dapat memudahkan  dalam menyelesaikan pekerjaan sehingga pekerjaan dapat selesai tepat waktu. Kedepannya, diharapkan program pelatihan Microsoft office ini dapt diterapkan langsung oleh semua anggota Karang Taruna Jatirogo mengingat penggunaan aplikasi Microsoft office ini juga memiliki long-term untuk kedepannya terutama saat berada di dunia kerja.

 

Penulis : Shafa Amalia – 21070120140161 – Teknik Industri

DPL : Nurhadi Bashit, ST.,M.Eng

Lokasi : Desa Ringinputih, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah

 

No comments:

Post a Comment

Sosialisasi Pemanfaatan Kembali Limbah Sampah Plastik Sebagai Kerajinan

                    Pada Senin, 7 Agustus 2023, sebuah program inovatif yang bertajuk "Pemanfaatan Limbah Sampah Rumah Tangga untuk Men...