Search This Blog

Thursday, August 10, 2023

Minyak Jelantah jadi Barang Berharga? Menarik! Mahasiswa KKN Tim 2 Undip Memanfaatkan Limbah Minyak Jelantah untuk Hasilkan Barang Berharga

 


Desa Ringinputih, Kabupaten Klaten (15/7/23). Limbah merupakan suatu produk sisa yang sudah tidak memiliki nilai serta manfaat dan dapat dikatakan sebagai salah satu faktor penyebab munculnya pencemaran lingkungan. Begitupun dengan limbah minyak jelantah yang dibuang ke lingkungan, hal ini dapat mencemari lingkungan khususnya air. Tetapi akan berbeda apabila kita mau mencoba untuk memanfaatkannya. Limbah minyak jelantah yang sebelumya tidak memiliki manfaat akan dapat berubah menjadi barang yang berharga.


Berangkat dari adanya nilai negatif yang ditimbulkan jika membuang limbah minyak jelantah ke lingkungan, mahasiswi Tim II KKN Universitas Diponegoro bernama Salwa Khamila Cahya dari Program Studi Kimia memberikan pelatihan serta edukasi mengenai Pemanfaatan Limbah Minyak Jelantah sebagai Bahan Dasar Pembuatan Lilin Aroma Terapi. Bahan yang digunakan pada pembuatan lilin aroma terapi diantaranya adalah minyak jelantah yang sudah di endapkan dengan arang, stearin, minyak kayu putih. Penambahan minyak kayu putih pada pembuatan produk ini karena minyak kayu putih memiliki bau yang merilekskan sehingga sesuai jika digunakan sebagai bahan wewangian dalam membuat aroma terapi, selain itu minyak kayu putih merupakan bahan yang mudah ditemukan di toko-toko, sehingga apabila peserta menginginkan untuk produksi secara mandiri akan mudah untuk mendapatkan barang-barang yang dibutuhkan.

Kegiatan pelatihan terlaksana dengan lancar, baik, serta dipenuhi antusiasme Ibu-ibu PKK Desa Ringinputih, Kecamatan Karangdowo, Kabupaten Klaten. Hal ini dapat dilihat ibu-ibu peserta yang banyak bertanya serta bersemangat untuk melakukan percobaan membuat lilin aroma terapi secara langsung.

 Dengan kemampuan membuat produk lilin aromaterapi dengan memanfaatkan limbah minyak jelantah yang peserta miliki, harapannya ide ini dapat dijadikan salah satu inovasi dalam menciptakan peluang usaha. Hal ini sesuai dengan tujuan utama dilaksanakannya program kerja, Pemanfaatan Limbah Minyak Jelantah sebagai Bahan Dasar Pembuatan Lilin Aroma Terapi.

Penulis            : Salwa Khamila Cahya

Lokasi             : Desa Ringinputih, Kecamatam Karangdowo, Kabupaten Klaten

DPL                 : Nurhadi Bashit, S.T., M.Eng

No comments:

Post a Comment

Sosialisasi Pemanfaatan Kembali Limbah Sampah Plastik Sebagai Kerajinan

                    Pada Senin, 7 Agustus 2023, sebuah program inovatif yang bertajuk "Pemanfaatan Limbah Sampah Rumah Tangga untuk Men...